Festival Seni Multatuli 2023
Ed | 26 Juni 2023 | Dibaca 1172 kali

Pentas Teater pada FSM 2023

Festival Seni Multatuli tahun ini digelar oleh Pemerintah Kabupaten Lebak dari tanggal 15-18 Juni 2023. Festival Seni Multatuli (FSM) adalah satu-satunya festival terbesar di Provinsi Banten, yang telah berlangsung sejak tahun 2018 di kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten.

FSM 2023 dikemas dengan menyuguhkan beberapa program  diantaranya Parade Kerbau, Telusur Jejak Multatuli, Bedah Buku Jalur Rempah Banten Menggagas Destinasi Petualangan Historis, Pidato Kebudayaan, Teatrikal Multatuli dan Pameran Seni Rupa “Hitam Putih.” Pada pra-event diadakan Lomba Esai yang bertajuk Kerbau dan Imajinasi Petani.

Selama tiga hari festival diselenggarakan, sekitar 17.000 datang dan berkunjung. Total pendapatan dari penjualan Gelaran Produk para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM terbilang cukup signifikan yaitu sekitar 200 juta lebih selama festival berlangsung.

FSM kali ini berhasil masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf RI atas dukungannya, pada tahun 2023 FSM menjadi salah satu dari dua event Kabupaten Lebak yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara. Semoga di tahun mendatang berbagai event lainnya bisa masuk juga dalam Kharisma Event Nusantara," ungkap Iti Octvia Jayabaya pada sambutan pembukaan festival.

Festival Seni Multatuli 2023 bukan hanya sebuah acara, melainkan suatu perayaan yang merangkul jejak kultural dan kekayaan budaya yang melekat dalam masyarakat. Dengan tema "Ngadulur Jeung Kultur," festival ini berkomitmen untuk menjadi wahana yang menggairahkan semangat untuk mendekap kultur dan budaya di masayarakat. /Ed

BAGIKAN :