Desa Wisata Saba Budaya Baduy Raih Anugrah Juara Harapan I Kategori Daya Tarik Pengunjung
bro admin | 17 November 2022 | Dibaca 4 kali

Kunjungan Sadiaga Uno ke Baduy

Desa Wisata Saba Budaya Baduy berhasil meraih Anugrah Juara Harapan I Kategori Daya Tarik Pengunjung pada acara Malam Anugrah Desa Wisata Indonesia 2022 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Minggu (30/10/2022).

Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) diikuti 3.419 peserta desa di seluruh Indonesia yang dipilih menjadi 50 desa terbaik dari tujuh kategori sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan dalam mengembangkan desa wisata yang berkelanjutan, berdaya saing global, dan berkualitas dunia.

Tujuan dilaksanakannya ADWI adalah untuk menumbuhkan motivasi pengelola desa wisata untuk selalu melakukan invasi dan kreatifitas, berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, pelestarian lingkungan dan budaya sebagai bentuk penerapan pariwisata berkelanjutan, mendorong Pemerintah Daerah untuk inovasi, adaptasi, dan kolaborasi guna mewujudkan pencapaian pembangunan pariwisata Nasional.

Berikut lima juara Desa Wisata Kategori Daya Tarik Pengunjung ADWI 2022: Juara 1 Desa Wisata Keris di Sumenep, Jawa Timur; Juara 2 Desa Wisata Sei Sekonyen di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah; Juara 3 Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari di Sulawesi Tenggara; Juara Harapan 1 Saba Budaya Baduy di Lebak, Banten, dan; Juara Harapan 2 Desa Wisata Lapasi di Halmahera Barat.

Menparekraf menyampaikan, ada tujuh aspek penilaian untuk desa terbaik dengan empat kategori tambahan. Ketujuh aspek tersebut mencakup desa wisata terbaik kategori Kelembagaan Desa, Daya Tarik Pengunjung, CHSE, Suvenir, Digital dan Kreatif, Homestay, dan Toilet Umum. Kemudian tiga kategori tambahan adala Desa Wisata RIntisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju. Terakhir ialah desa dengan kategori Desa Terfavorit yang diputuskan berdasarkan jumlah vote terbanyak melalui netizen yang dilihat berdasarkan perolehan likes di YouTube Kemenparekraf selama tanggal 24 sampai 28 Oktober 2022.

Sebelumnya, dalam rangka penilaiam ADWI 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno beserta jajarannya mengunjungi Desa Wisata Saba Budaya Baduy Kecamatan Leuwidamar untuk melakukan penilaian lapangan, Sabtu (15/10/2022).

Kunjungan diterima langsung oleh Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya bersama Forkopimda Kabupaten Lebak, dan juga Kepala Desa Kanekes Saija. Turut menghadiri pada kesempatan tersebut Asisten Daerah Provinsi Banten beserta jajarannya.

Sandiaga menceritakan pengalamannya setelah sempat bermalam di Desa Wisata Saba Budaya Baduy. Ia terkesan dengan budaya di Baduy dan berpesan untuk selalu menjaga serta melestarikan kearifan budayanya.

Tadi malam tiba di Baduy dan tadi pagi saya langsung ke rumah Kepala Desa Kanekes. Di situ saya melihat cara membakar singkong dan menggunakan kayu bakar. Kemudian ke Kampung Gajebo dan menanam padi secara tradisional. Saya terkesan desa ini ada aspek budayanya. Namun yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana kita tetap melestarikan budaya lokal agar bisa kita wariskan ke anak cucu kita, ujar Sandiaga.

Sandiaga pun yakin bahwa Desa Wisata Saba Budaya Baduy bisa dijadikan destinasi unggulan, serta tentunya dapat membantu mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Lebak pada umumnya dan masyarakat desa wisata tersebut pada khususnya.

Sementara itu Bupati Lebak mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Kabupaten Lebak dimana hal tersebut dapat dijadikan motivasi bagi masyarakat Lebak yang sedang mewujudkan Kabupaten Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal. (1828)

BAGIKAN :